CARA MENCEGAH JERAWAT


Emang susah ya, kalo ada jerawat di wajah. ganggu penampilan, bikin gak PD pula. Kadang ada yang sampai nutupi mukanya pake masker, demi gak dilihat orang lain kalo mukanya lagi jerawatan. Aduh... segitunya. Jerawat itu jangan ditutupi sob dan gak sah diobati, cukup dicegah aja. Nah saya punya tips nih buat nyegah jerawat.
1. sering cuci muka
    Dengan kita sering cuci muka, sel-sel mati dan kotoran penyebab jerawat akan hilang. untuk yang beragama islam, wudhunya dibenerin. Jangan asal basuh muka, tapi juga sambil digosok-gosok (pelajari tata cara wudhu yang bener ya...). Kalo buat yang non islam, terserah gimana caranya usahakan sehari minimal 5x cuci muka. Dan gak asal cuci muka lho... cuci mukanya sambil digosok-gosok terus kalo sudah dikeringin pake handuk.
2. hindari perbanyak pemakaian sabun muka
    Sabun muka jika dipakai terlalu sering akan menyebabkan menipisnya lapisan kulit wajah. Ini yang justru akan mempermudah kuman dan kotoran masuk ke lapisan kulit dan menyebabkan jerawat dan gangguan kulit lainnya.
3. rawat handuk
    Setelah kita mandi handuklah yang pertama kali menempel pada wajah, begitu juga setelah kita cuci muka. Ini yang juga perlu diperhatikan. Bayangkan aja, setelah muka kita bersih kemudian terkena handuk kotor. Bukan kah itu sama saja dengan mencuci piring dan mengelapnya dengan kain kotor? Umumnya wajah yang baru dibersihkan sangat sensitif dengan benda yang menempel di permukaannya. Sehingga penting sekali untuk membiarkan handuk bersih dan menjemurnya setelah dipakai. Dengan kita menjemur handuk yang baru kita pakai, maka untuk pemakaian selanjutnyapun akan lebih nyaman, apalagi jika handuknya bersih. Handuk yang udah lapuk juga mending diganti sob, karena debu benangnya gak baik juga buat muka. Beli handuk juga mesti pilih yang seratnya kuat dan halus, jadi pada saat pemakaian, benang tidak menempel di wajah.
4. rawat sarung bantal
    Sadar atau tidak, saat kita tidur bantallah yang yang sering kali menempel di wajah. Padahal saat kita tidur, sel-selpun ikut beristirahat sehingga tak ada penjagaan maksimal dari sel-sel. Bisa kita bayangkan betapa mudahnya kotoran dari sarung bantal masuk ke pori-pori muka dan membentuk jerawat. Dan sebisa mungkin untuk memberi sarung bantal pada bantal-bantal kita terutama bantal guling yang suka dipeluk-peluk dan menempel di wajah, karena kalau gak dikasih sarung bantal, debu kapas bantal lebih berbahaya.
5. teliti air
    Bukan berarti harus meneliti air di rumah kamu bagus apa gak. maksudnya, teliti air di rumah kamu cocok gak buat muka kamu. saya pernah tinggal di jakarta yang airnya pake air PAM, 3bulan saya di sana, 3bulan itu juga wajah saya penuh dengan jerawatan. Nah kalo ternyata airnya gak cocok gimana? masak gak cuci muka? mungkin bisa dengan memasaknya terlebih dahulu dan mendinginkannya agar sebagian besar kuman-kuman di airnya mati.
6. jangan mencet-mencet jerawat
   Membunuh jerawat dengan jalan pencet-pencet, justru akan menimbulkan bekas dan jerawat baru. Jika jerawat dipencer, otomatis akan keluar nanah dan darahnya. di dalam nanah dan darah itu mengandung kuman penyebab jerawat, lha kalo nanah dan darahnya menempel di permukaan wajah yang lain pasti kuman penyebab jerawatnya juga akan ikut kan?. Kebukti juga kan kalo pencet-pencet jerawat bukannya jerawatnya berkurang malah nambah. Lagian apa gak jijik ada nanah dan darah di wajah. Kalo jerawat di pencet, darahnya kan gak berhenti-berhenti, keluar mulu. Toh nanti kalo udah waktunya juga akan kering sendiri, tanpa harus dipencet-pencet.
7. jangan suka megang-megang muka/jerawat
    Tangan adalah sarang kuman dan penyakit. Kalo sarang kuman dan penyakit nempel di muka bagaimana muka kita gak akan jerawatan.
8. pake bedak baby aja
    Kalo lagi banyak-banyaknya jerawat, mending pake bedak baby dulu. Karena bedak baby punya zat pelindung dan anti sensitif. Kalo perlu pake badak yang anti sensitif.
    Saya rasa cukup itu tips dari saya.
    Semoga bermanfaat...  :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN RELASI

PENGERTIAN FUNGSI

IDENTITAS TRIGONOMETRI